Selasa, 17 Januari 2017

Langkah-Langkah Memperbaiki PC


Pada sekarang ini PC/Komputer sudah semakin canggih namun tidak menutup kemungkinan untuk tidak terjadi kerusakan , bahkan semakin canggih teknologi PC maka akan semakin sulit memperbaikinya,

 Nah Sahabat KAILPE mari kita simak langkah-langkahnya.
Untuk memperbaiki PC, ada beberapa tahap yang harus dilakukan , yaitu sebagai berikut :
  1. Mengidentifikasi permasalahan dengan mencari tau komponen PC mana yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu kamu harus mengetahui fungsi setiap komponen PC sehingga jika ada fungsi yang tidak berjalan dengan semestinya, kamu bisa mengetahui komponen PC mana yang bermaslah.
  2. Mencatat gejala-gejala yang tampak, baik secara fisik maupun pesan-pesan kesalahan yang tampil di layar monitor. Amati kondisi fisik setiap komponen, apakah ada bekas terbakar, kapasitor menggembung/pecah, sirkuit elektronika terputus, dan sejenisnya. Amati pula tampilan layar monitor dari mulai monitor menyala dan catat pesan kesalahan yang muncul. Dari pesan kesalahan tersebut kamu bisa mengetahui komponen mana yang bermslah.
  3. Melakukan pengujian terhadap komponen yang bermasalah. Dengan demikian kamu bisa memastikan periferal mana yang benar-benar rusak/bermasalah.
  4. Mendiagnosa permaslahan yang kemungkinan terjadi untuk mempermudah pencarian solusi.
  5. Melakukan proses perbaikan berdasarkan solusi yang ditemukan. Jika komponen yang rusak perlu diganti, siapkan pengganti komponen tersebut beserta alat-alat penunjang untuk melakukan pemasangan komponen.
  6. Menguji hasil perbaikan untuk meyakinkan bahwa komponen sudah berfungsi sebagaiman mestinya. Perhatikan hasil perbaikan secara fisik, kemudian uji menggunakan perangkat tertentu, bisa juga menggunakan perangkat lunak.

Nah itulah sekilas info tentang langkah-langkah memperbaiki PC, jika kamu tidak bisa memperbaikinya disarankan untuk memperbaikinya ke tukang reparasi PC, karena kamu pasti tidak mau mengambil resiko kan,,, OK sekian dan terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar