Minggu, 21 Februari 2016

Cara mengatasi Laptop BISING / Membuat Suara yang berisik (make noise )



Sobat , Pernakah sobat mengalami LAPTOP yang mengeluarkan SUARA BISING? Yuk kita cek apa sich yang membuat permasalahan atau keluhan dari pengguna laptop berikut.

Teman kita punya Laptop menyala dan semuanya bekerja dengan normal, tapi ada sesuatu yang aneh, yaitu ada bunyi bising pada Laptop dan berderak, kadang sebentar lalu normal kembali, kadang juga tidak bisa normal kembali trus terasa panas banget pada Laptop. Bagaimana solusi cara mengatasi LAPTOP Berbunyi BISING  ini ya sobat ??

Sobat kemungkinan masalah laptop yang mengeluarkan bunyi bising tersebut kebanyakan kasus ditemukan masalahnya terjadi atau berasal dari kipas pendingin laptop atau bisa juga dikarenakan hard drive laptop ini disebabkan Laptop terlalu bekerja keras untuk memproses data bisa jadi karena laptop digunakan untuk bermain game yang berat, atau laptop kelebihan beban sehingga menyebabkan prosessor bekerja maksimal, memori bekerja maksimal, hardisk bekerja maksimal sehingga mendorong untuk Headsink atau kipas pendigin juga bekerja maksimal. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah hidupkan Laptop tersebut, tunggu sampai suara itu muncul kembali, setelah itu coba kamu dengarkan dengan seksama pada bagian bawah laptop. Jika kebisingan dikarenakan sewaktu kipas pendingin mulai berjalan, kemungkinan besar KIPAS LAPTOP bermasalah! Dan arahkan tangan pada bagian pembuangan panas lapotop apakah dirasakan ada panas yang berlebihan , jika ya sudah dapat dipastikan kipas pendingin tidak berfungsi dan berfungsi maksimal saat panas yang berlebihan.
Solusinya adalah coba kamu buka laptop tersebut, kemudian buka baut pada kipas, lakukan dengan hati-hati karena ada kabel power yang terhubung pada motherboard laptop. Selanjutnya dengan perlahan coba lepaskan kuningan yang menutupi kipas, untuk melepaskannya coba gunakan obeng yang sangat kecil untuk membuka kipas laptop tersebut. Lihatlah kincir kipas tersebut, bila berdebu bersihkanlah dengan kuas kecil atau bisa juga dengan sikat gigi.

Setelah kita bersihkan, selanjutnya kita kasih pelumas di tengah kumparan kincir kipas tersebut. Kipas yang telah kering pelumasnya bisa mengakibatkan Laptop menjadi BISING. Solusinya coba kamu oleskan stemplet atau oli yang lunak sedikit saja pada besi tengah kincir kipas tersebut, tepat ditengah pusat perputaran dan kamu oleskan juga sedikit oli di sekeliling kincir kipas bagian dalam, karena bagian ini berhubungan dengan kumparan yang berda di tengah.
Jika langkah di atas tidak berpengaruh juga , dapat dipastikan bahwa kipas pendingin sobat mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan yang baru, silahkan beli kipas pendingin yang baru ya sobat dan pasangkan , jika sobat tidak paham akan jenisnya bawa saja contohnya ke toko komputer , .. heheheh  J

Penyebab lainnya yang mungkin adalah DVD Drive rusak ,saat kita akan memutar DVD muncul suara yang berisik , hal ini dimungkinkan dengan Optik DVD yang melemah sehingga memaksa untuk melakukan pembacaan drive , ini menyebabkan kebisingan langkah yang dapat di ambila adlah dengan mengganti Optik DVD atau mengganti keseluruhan drive DVD , sebelum melakukan pergantian agar melakukan test terlebih dahulu ya sobat dengan optical drive DVD yang lain , jika sudah positif mengalami kerusakan baru melakukan pembelian yang baru.

Penyebab lainnya kebisingan adalah Hardisk yang rusak , hal ini dapat di rasakan pada saat Laptop Freeze / Hang , dan menciptakan kebisingan maka sudah dapat di pastikan hal ini karena Hardisk eksternal yang rusak , langkah yang dapat diambil untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan Backup data terlebih dahulu kemudian coba dengan hardisk lain, jika pada saat menggunakan hardisk lain tidak timbul kebisingan maka dapat dipastikan bahwa hardisk sebelumnya mengalami kerusakan sobat dapat melakukan pergantian hardisk .
Baca juga : Mengatasi kerusakan yang sering terjadi pada Laptop
Oke, semoga bermanfaat.


     



    Load disqus comments

    0 komentar