Senin, 07 Maret 2016

9 Tombol Spreadsheet Pada Microsoft Excel yang sering dipakai

Shortcut pada keyboar adalah suatu trik atau cara untuk mempercepat pekerjaan dalam sebuah spreetsheet pada exel , mengapa demikian , karena pada shortcut keyboard ini berisikan perintah pintas yang dapat kita gunakan untuk menghemat waktu melakukan klik - klik dan mencari dimana posisi menu, hal inilah yang membuat shortcut sangat diminati untuk dibuat menjadi suatu jalan pintas,

Baca juga artikel : FUNGSI FORMULA LOGIKA IF MICROSOFT EXCEL 2007

sebuah shortcut akan mewakili sobat dari beberapa klik dan mengingat letak menu , seperti kita misalkan short cut Ctrl+A dimana jika kita menggunakan mouse maka akan membutuhkan waktu mengklik Ujung dari Spreet sheet atau mengarahkan mouse ke ujung cell kemudian melakukan drag  hingga ke ujung cell terakhir yang akan kita seleksi, akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

baiklah mari kita coba beberapa Short cut yang sering dipakai dalam pekerjaan Exel :

1. Crtl + A
Short cut ini digunakan untuk memblok / memilih semua cell yang ada di spreetsheet, cara penggunaan shortcut ini adalah dengan menklik salah satu cell di spreetsheet kemudian tekan kombinasi keyboard Crtl + A, maka semua cell akan di sleksi , untuk membatalkannya dengan tombol ESC ( Escape ) maka hasil sleksi akan di batalkan , atau dengan mengklik sembarang Cell, adapun biasanya hal ini digunakan adalah untuk meng-Copy data di Cell yang begitu banyak dan kegunaan lainnya.

2. Ctrl + Home
Dalam suatu dapat pada Spreetsheet yang besar dimana membutuhkan data yang memiliki jumlah Cell yang banyak maka Ctrl+Home ini sangat di perlukan saat kita akan kembali ke Cell Awal, shortcut ini akan mempercepat pengarahan pada Cell A1 atau cell awal, jika dibandingkan dengan penggunaan pointer / Mouse akan membutuhkan waktu beberapa kali Drag dan klik , dan jika sobat menggunakan arah panah maka akan beberapa kali menekan tombol anak panah baik itu ke atas , ke bawah atau ke samping .

3. Ctrl + End
 Shortcut ini kebalikan dari point 3 ( Crtl+Home ) dimana dengan tombol ini maka sobat akan langsung diarahkan ke Cell Trakhir dari pekerjaan sobat, sehingga sobat dapat langsung menuju cell terakhir dari pekerjaan sobat, hal ini akan sangat memudahkan sobat pada saat sobat akan melanjutkan file yang sudah tersimpan.

4. Crtl+Shift+End
   Shortcut ini memudahkan sobat dalam melakukan sleksi pekerjaan sobat yang akan di pindahkan atau di copy atau akan di edit , dimana shortcut ini berfungsi menyeleksi dari awal pekerjaan sobat hingga akhir dimana Cell yang tidak digunakan tidak di sleksi, jika kita secara manual maka melakukan drag dari cell aktif saja.

5. Ctrl+Shift+Home
Shortcut ini kebalikan dari point 4 ( Ctrl+Shift+End) dimana shortcut ini berfungsi mensleksi Cell Aktif dari Akhir hingga awal A1 , sehingga Cell yang tidak aktif tidak ikut tersleksi oleh shortcut ini.

6. Ctrl+PageDown
 Shortcut ini berfungsi untuk beralih dari Sheet/ halaman satu ke Sheet/ halaman berikutnya, sehingga perpindahan lebih cepat perpindahan yang terjadi dengan shortcut ini adalah dari Sheet/ halaman 1 ke halaman Selanjutnya dengan kata lain dari halaman terkecil/ pertama ke halaman berikutnya.

7. Ctrl+Shift+PageUp
Shortcut ini kebalikan dari point 6 ( Ctrl+Shift+Pagedown) dimana dengan menggunakan shortcut ini sobat akan berpindah dari sheet/halaman sebelumnya ke sheet/ halaman yang lebih kecil .contoh dari halaman 5 pindah ke halaman 4.

8. Membuat Grafik secara Instan
Sobat kesulita menemukan menu untuk membuat grafik , langkah terbaik adalah dengan menggunakan shortcut, arahan sheet /halaman yang akan di ubah menjadi grafik kemudian tekan tombol ajaib F11 maka langsung muncul sheet/halaman grafik sesuai data yang sobat miliki.

9. Headers and Footers pada Excel Spreadsheet
 Jika sobat sering membuat Kop surat atau header dan catatan kaki / footers pastinya sobat akan teringat langsung dengan Microsoft Office Word dimana sobat biasa menuliskan surat - surat atau file tulisan lainnya. nah.. di excel juga sobat bisa membuat Headers and Footers , caranya untuk Excel 2007 maka dengan milih menu Insert - Tab Headers and Footers dan silahkan berkreasi sobat.

Demikian sobat , semoga membatu ya.....
Load disqus comments

0 komentar